Rabu, 03 September 2008

Lahir USB 3.0 Supercepat Di Dunia

KECEPATAN transfer 60 MB/ detik yang dimiliki USB 2.0 dirasa sudah tidak lagi mencukupi. USB 3.0 disinyalir memiliki kecepatan 10 kali lipat lebih tinggi. Ini dipersiapkan untuk mengikuti perkembangan teknologi dengan meningkatnya terus kapasitas penyimpanan digital di atas 25 Gigabytes.

Coba bayangkan saja jika anda harus mentransfer 50 Giga file foto dari digital storage ke PC anda dengan menggunakan USB 2.0, mungkin proses transfer sebesar itu bisa anda tinggal mandi sambil nonton sebuah DVD movie.

Dengan kecepatan 4.8 Gbps yang ditanamkan di dalamnya, kehadiran USB 3.0 ini tampaknya akan menjadi USB supercepat di dunia.

File sebesar 50 Giga hanya beberapa detik saja.
Produk USB 3.0 ini merupakan produk kebanggaan Intel. Namanya standard pengontrol, xHCI open USB 3.0. xHCI open USB 3.0. Ini menurut Intel akan diadopsi oleh berbagai vendor chipset motherboard dan add-on card vendor.

Dengan rampungnya standar WHCI USB (versi 1.0), hampir semua vendor dengan senang hati mengadopsi standar EHCI USB (versi 2.0) yang menjadi penerus WHCI. Inilah yang menyebabkan adanya port USB hampir semua komputer di dunia.

Microsoft sendiri juga mendesain driver pengontrol USB untuk Windows berdasarkan WHCI, dan driver USB 2.0 dengan EHCI. Tampaknya, xHCI (Extensible Host Controller Interface) juga akan dengan cepat menjadi standar de facto bagi USB 3.0.

Satu bukti lagi tentang dukungan untuk standar xHCI milik Intel adalah ketersediaan vendor-vendor besar seperti AMD, Microsoft, NEC, dan Dell untuk menggunakan xHCI.

Microsoft telah mengumumkan akan menggunakan xHCI sebagai basis dari driver USB 3.0 Windows. AMD telah mengumumkan penggunaan xHCI untuk chipset motherboard. (Andre Yanuar Christanto, mahasiswa Ilmu Komputer-80)

0 komentar:

Selembe Man...

Sign by Dealighted - Coupon Codes and Deals