Jumat, 19 September 2008

Menyimpan Phonebook Online

Oleh Rianoor Prihatma

MUNGKIN banyak di antara kita pernah mengalami kehilangan phonebook atau daftar kontak nomor telepon di ponsel. Mungkin ponsel kita hilang atau rusak, terformat ulang, atau kita melakukan upgrade firmware. Kalau nomor telepon atau alamat email relasi bisnis penting ikut hilang maka betapa sangat kecewa kita.
Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu kita dalam mem-backup daftar nomor telepon, misalnya dengan Backup Contact, SmartVCard, dan lain-lain. Namun aplikasi tersebut hanya bekerja secara offline, dalam arti daftar kontak dititipkan dalam kartu memori dan dikirimkan via koneksi bluetooth atau MMS. Sehingga apabila ponsel rusak maka kita akan mengalami kesulitan untuk melakukan transfer data phonebook.
Ada satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu melakukan backup secara online. Sehingga kapan saja dan di mana saja kita dapat mentransfer data phonebook selama tersedia koneksi jaringan data (GPRS, EDGE, 3G, atau 3.5 G).
Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Pertama, menginstal aplikasi Unyverse yang dapat diunduh dari http://www.unyverse.com. Namun terhitung mulai April 2008, situs ini berganti menjadi http://www.upvise.com. Aplikasi ini tersedia untuk beberapa versi yaitu Java dan`Symbian (J2ME), Windows Mobile, dan Blackberry.
Misalkan kita memilih platform Java maka kita unduh file yang berekstensi *.Jar lalu kita instal di ponsel kita, tempatkan di memori internal ponsel. Setelah selesai, ponsel kita restart agar aplikasi ini secara otomatis dijalankan pada saat ponsel kita hidupkan.
Registrasi
Kedua, melakukan registrasi karena aplikasi ini bersifat online sehingga kita harus mendaftar sebagai anggota di situs penyelenggara layanan tersebut. Langkah ini harus dilakukan agar kita terdaftar di server. Klik “Sign up” pada halaman sebelah kanan atas untuk memulai registrasi. Langkah pengisiannya hampir sama seperti pada saat kita mendaftar akun email atau keanggotaan komunitas di internet.
Pada tahap akhir kita, klik pilihan “Sign me up” lalu “Create My Account”. Setelah itu kita akan mendapatkan nomor ID. Yang perlu diperhatikan, nomor ID ini hanya tersimpan selama sekitar 1 jam saja sehingga harus segera kita masukkan pada saat kita melakukan registrasi di ponsel. Proses ini hanya perlu dilakukan saat pertama melakukan personalisasi di ponsel. Proses selanjutnya akan berjalan secara online.
Langkah selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi ponsel dan akun di PC. Sekarang Unyverse sudah dalam keadaan online. Untuk melihatnya kita dapat masuk ke akun Unyverse kita, lalu kita pilih Settings/User/Sign In.
Hal yang harus dilakukan adalah memasukkan phonebook ke situs Unyverse. Jadi kapanpun daftar kontak dibutuhkan, kita tinggal melakukan sinkronisasi ke situs tersebut. Cara memasukkan daftar kontak adalah dengan memilih Personal Wikis/Contact/All Contact. Kita juga bisa memasukkan group contact.
Aplikasi ini akan mendeteksi semua kontak yang ada dalam ponsel. Kita hanya perlu menunggu beberapa saat, maka semua daftar kontak akan di-upload ke situs ini. Setelah selesai, kita dapat melihat daftar kontak dengan memilih My Account/Contact.

0 komentar:

Selembe Man...

Sign by Dealighted - Coupon Codes and Deals